Jumat, 23 Desember 2011

EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT DARI SISI ANGGOTA


EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI
DILIHAT DARI SISI ANGGOTA

Efek-efek ekonomis koperasi
Hubungan koperasi yang terjadi dalam pelaksanaan operasionalnya adalah dengan anggota yang memiliki kedudukan sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
Anggota yang berkedudukan sebagai pemilik akan memberikan dana dengan harapan akan mendapat keuntungan,sedangkan anggota yang berkedudukan sebagai pengguna jasa akan menggunakan jasa koperasi dengan harapan kebutuhannya tersedia di koperasi dan akan memperoleh keuntungan dibandingkan jika memperoleh kebutuhan dari pihak lain.
Kesimpulannya masyarakat akan berpartisipasi dalam kegiatan koperasi jika:
·         Kegiatan yang dilakukan koperasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat
·         Pelayanan yang diberikan oleh koperasi lebih menguntungkan dibandingkan pelayanan dari pihak di luar koperasi

Efek Harga dan Efek Biaya
Partisipasi anggota menentukan keberhasilan koperasi.Partisipasi anggota dipengaruhi oleh besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian maupun normatif.
Faktor Utilitarian adalah koperasi memberikan pelayanan berupa barang dan jasa yang efisien yaitu dengan memberikan pengurangan biaya dan memperoleh keuntungan dari SHU baik dengan tunai maupun dalam bentuk barang maka setiap harga yang ditetapkan koperasi harus di bedakan antara harga untuk anggota dengan harga untuk non anggota.

Analisis Hubungan Efek Ekonomis dan Keberhasilan koperasi
Keberhasilan koperasi tidak hanya dinilai dari laba yang didapatkan tetapi juga dari pelayanan koperasi. fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota, maka idealnya semakin tinggi manfaat yang di terima oleh anggota.

Penyajian dan Analisis Neraca Pelayanan
Di sebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para anggota dan perubahan lingkungan koperasi.
Dua faktor yang mendorong koperasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap anggotanya yaitu:
1.      Adanya persaingan dari organisasi lain (non koperasi)
2.      Perubahan kebutuhan masyarakat akibat perubahan jaman
Jika koperasi dapat memberikan pelayanan lebih baik kepada anggotanya dibandingkan organisasi lain (pesaing) maka partisipasi anggota terhadap koperasi akan meningkat.Untuk meningkatkan pelayanan koperasi harus mencari informasi-informasi dari para anggota koperasi mengenai apa yang dibutuhkan oleh anggota saat ini dan pelayanan yang seperti apa yang ingin mereka dapatkan dari koperasi.

Sumber :

SOAL
1.       Hal apa yang dipersoalkan anggota sebagai pemilik..
a.        kontinuitas pengadaan kebutuhan barang-jasa
b.       menguntungkan tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual /pembeli di luar koperasi
c.        dana (simpanan simpanan) yang telah di serahkannya, apakah menguntungkan atau tidak
d.       Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban
2.       Ada dua faktor utama yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya, yaitu...
a.      Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain (terutama organisasi non koperasi) dan perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban.
b.      Pasrtisipasi dari anggota dan persaingan
c.       Keuntungan dari SHU dan kebitihan manusia
d.      Laba koperasi dan paritsipasi anggota
3.       Keberhasilan koperasi tergantung pada..
a.      Partisipasi dan transaksi anggota dengan koperasi
b.      Tingkat laba yang didapatkan
c.       Pelayanan koperasi
d.      kebutuhan yang disediakan koperasi
4.       Partisipasi anggota dalam kegiatan koperasi dipengaruhi oleh
a.       Keuntungan yang diberikan koperasi
b.       Kebutuhan yang disediakan koperasi
c.       Besarnya nilai manfaat pelayanan pelayanan koperasi secara utilitarian maupun normative
d.      Kegiatan-kegiatan yang dilakukan koperasi
5.       Apa yang perlu dilakukan koperasi ntuk meningkatkan pelayanan...
a.        Mencari informasi-informasi yang datang terutama dari anggota koperasi
b.        Menambah modal
c.        Memberikan pelayanan yang lebih baik
d.       Memberikan fasilitas untuk anggota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar